Breaking News
Home > Berita > Pelaksanaan Ujian TOEIC dari Direktorat SMK

Pelaksanaan Ujian TOEIC dari Direktorat SMK

Pemerintah melalui Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (DSMK) membuka peluang bagi SMK di seluruh Indonesia untuk memperoleh bantuan sertifikasi internasional melalui program SMK English Challenge 2020—Fasilitasi Ujian Sertifikasi Internasional Kemampuan Bahasa Inggris dengan TOEIC bagi Siswa SMK. Program tersebut telah dilaksanakan sejak tahun 2016 dengan cakupan quota penerima program yang meningkat dari tahun ke tahun dengan harapan akan lebih banyak siswa SMK di Indonesia yang tersertifikasi secara internasional dan dapat merasakan manfaatnya saat nanti sudah terjun di dunia kerja.

SMK Muhammadiyah Mungkid telah mengikutsertakan sebanyak 106 siswa untuk mengikuti seleksi VIERA dan yang diumumkan lolos seleksi ada sejumlah 27 siswa.  Sebelum para siswa menjalankan ujian  bahasa Inggris internasional dengan TOEIC, ada periode Pembelajaran yang diberikan oleh tim Fasilitasi Sertifikasi TOEIC selama kurang lebih satu bulan.  Kami para guru sebelumnya juga diberikan Bimbingan Teknis terkait cara mengajar TOEIC yang efektif ke siswa. Selama periode Pembelajaran, siswa bisa mengikuti sesi video conference dengan ETS Approved Facilitator—Ibu Hafilia dan tim melalui webex dan live streaming YouTube. Paket materi pembelajaran dan persiapan TOEIC juga diberikan dalam bentuk materi Google Classroom dan TOEIC Practice Book-Digital Version agar siswa-siswa kami siap menghadapi ujian.

Pada tanggal 24 Oktober 2020, SMK Muhammadiyah Mungkid melaksanakan Sertifikasi TOEIC bagi siswa kami  yang lolos seleksi. Dalam pelaksanaan masa pandemi panitia menerapkan protokol kesehatan sebagai antisipasi penyebaran wabah COVID-19. Protokol yang dijalankan antara lain pengecekan suhu tubuh, mencuci tangan sebelum memasuki area labolatoriun, mengisi kuisioner kesehatan, pengkondisian jarak duduk, penyediaan hand sanitizer, dan setiap peserta dan guru diharuskan menggunakan masker. Dari sisi teknis TOEIC tahun ini lebih nyaman dan mudah, hanya menggunakan 1 aplikasi saja dan bandwidth internet yang digunakan tidak terlalu besar.

Harapan kami hasil ujian TOEIC ini dapat menjadi bekal siswa untuk masuk ke dunia usaha dan dunia industri. Saran untuk teknis pelaksanaan TOEIC kedepan harapan kami ada tambahan fitur dalam aplikasi yaitu peserta yang terputus koneksi karena beberapa hal di tengah proses mengerjakan tidak harus mengulangi dari awal.

Semoga kedepannya program ini terus dilaksanakan sehingga banyak siswa-siswa mendapat kesempatan serupa.

Dokumentasi kegiatan:

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.