Breaking News
Home > Berita > PEMBINAAN SISWA TERLAMBAT DENGAN SENTUHAN ROHANI

PEMBINAAN SISWA TERLAMBAT DENGAN SENTUHAN ROHANI

SMK Muhammadiyah Mungkid adalah sekolah yang menerapkan budaya disiplin.

DI SMK Muhammadiyah Mungkid disiplin sangat penting dan dibutuhkan oleh setiap siswa.
Salah satu bentuk Kedisiplinan di SMK muhammadiyah mungkid yaitu siswa masuk sekolah pukul 07:00 WIB, apabila ada siswa terlambat masuk sekolah maka siswa tersebut akan mendapatkan pembinaan khusus dari guru. Pembinaan tersebut siswa disuruh sholat dhuha dan menulis surat / ayat Al – Qur’an yang ditentukan oleh guru yang bersangkutan.
Tujuan kedisiplinan yaitu, isiplin menjadi prasyarat bagi pembentukan sikap, perilaku dan tata tertib kehidupan berdisiplin, yang akan mengantar seorang siswa sukses dalam belajar.
Disiplin yang dimiliki oleh siswa akan membantu siswa itu sendiri dalam tingkah laku sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah. Siswa akan mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dihadapinya. Aturan yang terdapat di sekolah akan bisa dilaksanakan dengan baik jika siswa sudah memiliki disiplin yang ada dalam dirinya.
Kedisiplinan sebagai alat pendidikan yang dimaksud adalah suatu tindakan, perbuatan yang dengan sengaja diterapkan untuk kepentingan pendidikan di sekolah. Tindakan atau perbuatan tersebut dapat berupa perintah, nasehat, larangan, harapan, dan hukuman atau sanksi. Kedisiplinan sebagai alat pendidikan diterapkan dalam rangka proses pembentukan, pembinaan dan pengembangan sikap dan tingkah laku yang baik. Sikap dan tingkah laku yang baik tersebut dapat berupa rajin, berbudi pekerti luhur, patuh, hormat, tenggang rasa dan berdisiplin.
Di samping sebagai alat pendidikan, kedisiplinan juga berfungsi sebagai alat menyesuaikan diri dalam lingkungan yang ada. Dalam hal ini kedisiplinan dapat mengarahkan seseorang untuk menyesuaikan diri terutama dalam menaati peraturan dan tata tertib yang berlaku di lingkungan itu.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.